Dunia Berubah Sangat Cepat (from Afzan)



Pola pikir lokal & linier: Saingan saya adalah bisnis disamping toko saya, atau musuh saya adalah tetangga saya, kawan sebangsa yg beda pandangan (=lokal) kalau saya melangkah 30 langkah ke depan, maka saya akan berada 30 meter di depan (=Linier)
Pola pikir global & eksponensial: Bisa jadi pesaing, atau bahkan yg meruntuhkan bisnis saya bukanlah orang yg punya bisnis sejenis, tapi 2 orang mahasiswa yg bikin bisnis baru yg kayaknya ndak ada hubungan dengan saya (global). Kalau saya melangkah 30 langkah eksponensial, maka saya akan menempuh jarak 1 milyar meter = 25x keliling bumi.
Nah ajaibnya, dengan perhitungan eksponensial inilah kecepatan perubahan dunia.. Teknologi saat ini.
Kalau anda ndak percaya mari kita bahas faktanya:
1. HP yg seharga 500 ribu rupiah saat ini, sebenarnya adalah gabungan teknologi yg 30 tahun lalu seharga 1 juta dolar = 14 Milyar (mesin fax, komputer, kalkulator, scanner, gps, kamera foto, kamera video, TV, Radio, giroskop, ensiklopedi, dan jutaan aplikasi yg siap didownload sesuai kebutuhan) (Peter Diamandis, Pendiri Singularity University dan XPrize)
2. Anda sekarang, bahkan anak anda sekarang pegang informasi lebih banyak dari Blill clinton, presiden amerika saat dia menjabat 20 tahun lalu beserta semua agen inteligennya. Saat ini, anda tidak perlu menghabiskan uang 5 Milyar untuk kuliah di MIT, kampus teknologi paling Top di dunia, karena dari rumah anda, kalau anda cukup serius belajar, bisa kuliah bersama mahasiswa MIT gratis krn semua mata kuliah sudah direkam, beserta tugas2 kuliah dan buku2 text booknya..tersedia di internet Gratis untuk umum..
3. Di bidang ilmu kedokteran, National Cancer Intitute baru mendikusikan tentang teknologi CRISPR, sebuah teknik untuk mengedit kesalahan DNA anda, yg dipercaya akan menjadi terobosan revolusioner untuk menyembuhkan penyakit2 kronis seperti kanker, dll. yg selama ini tidak bisa disembuhkan.
Dan kecepatan perubahan ini tidak akan melambat, tapi akan semakin cepat. Anda sudah merasakannya saat ini. tapi ini baru permulaaan. 10, 20 dan 30 tahun lagi akan semakin terakselarasi. (masih ingat 30 langkah eksponensial = perubahan 1 Milyar kali lipat)?
Pertanyaannya.. Siapkah anda? Perusahaan anda? bangsa kita menyambut perubahan ini?
(Ahmad Faiz Zainuddin)


Komentar